Selasa, 27 Mei 2014

         Peran  Psikologi Pendidikan dalam Proses Pendidikan
 Psikologi pendidikan merupakan cabang psikologi yang diterapakan dalam bidang pendidikan, dan peran psikolog dalam dunia pendidikan  yaitu mempelajari perilaku individu dalam situasi pendidikan. Psikologi pendidikan memberikan kontribusi penting dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh pendidik maupun peserta didik dalam proses  pembelajaran.  Selain itu, juga memberikan bimbingan tentang cara-cara merumuskan tujuan pembelajaran.

1.      Peran Psikolog Sekolah Pada Jenjang TK
·         Ketika anak malas sekolah,maka peranan psikolog adalah:
-          Memperlihatkan suasana Taman Kanak-kanak yang penuh dengan permainan yang sangat disukai.
-          Memberikan motivasi kepada anak, agar lebih semangat sekolah
-          Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan yang sesuai untuk anak TK
·         Peran psikolog sekolah ketika anak kesulitan dalam menjalankan program pembelajaran:
-          Menyesuaikan program pembelajaran yang sesuai dengan jenjang anak TK
-          Membantu anak tersebut dalam belajar seperti menyelingi belajar dengan permainan
·         Ketika anak sulit di atur/nakal
-           Melakukan pendekatan terhadap anak tersebut
·         Ketika anak sulit beradaptasi dengan teman dan lingkungannya,maka peranan psikolog sekolah adalah:
-          Konsultasi dengan orangtua untuk membantu dan memahami penyesuaian diri anak terhadap lingkungan.
-          Membantu anak agar anak dapat membantu dirinya sendiri untuk mengadakan penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial.
-          Memberikan arahan,pengajaran dan pendampingan bagi anak yang memiliki masalah sosial,emosi dan perilaku.
-          Membantu anak agar mampu melewati masa-masa transisi dari lingkungan keluarga/rumah ke lingkungan teman sebaya dan guru/sekolah dari suasana bebas ke suasana disiplin dan menghargai hak orang lain.

2.      Peran Psikolog Sekolah Pada Jenjang SD
·         Peran psikolog sekolah ketika anak sulit untuk mengikuti proses belajar mengajar:
-          Meningkatkan prestasi dengan menilai hambatan belajar dan menentukan strategi instruksional untuk meningkatkan prestasi belajar
-          Konsultasi dengan orang tua untuk membantu dalam memahami pembelajaran dan proses belajar yang sesuai dengan anak  tersebut
-          Memotivasi semua siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.
-          Mengkomunikasikan hasil evaluasi psikologis untuk orang tua, guru, dan lain-lain sehingga mereka dapat memahami sifat kesulitan siswa dan bagaimana untuk melayani kebutuhan siswa.
-          mengkondisikan kelas dengan baik atau mengorganisir siswa supaya siswa itu tertarik dalam proses belajar mengajar.
-          Membantu anak menguasai bahan ajaran tuntutan kurikulum
-          Membantu anak dalam membuat pilihan dan menentukan bahan ajaran yang cocok
·         Peran psikolog sekolah ketika ada salah satu anak yang suka malakukan bullying kepada siswa lain:
-          Meningkatkan pemahaman dan penerimaan beragam budaya dan latar belakang terhadap para siswa
-          Membuat suasana yang bersahabat antara para siswa dan meningkatkan rasa kebersamaan yang tinggi diantara para siswa.
·         Peran psikolog sekolah ketika anak kesulitan dalam memecahkan masalah:
-          Memperbanyak team work diantara para murid
-          Membantu anak dalam memilih teman bergaul dan membentuk kelompok-kelompok belajar yang serasi.
-          Membantu anak dalam rangka mengadakan penyesuaian hidup berkelompok yang menunjang belajar.

3.Peran psikolog sekolah pada jenjang SMP/SMA
·         Perkenalan di sekolah dengan teman-teman, kondisi sekolah, organisasi, dan aturan-aturan yang ada di sekolah.
-          MOS dijadikan solusi untuk menjadikan siswa lebih dekat dengan sesamanya maupun seniornya, psikolog sekolah juga ikut serta dalam MOS untuk mengendalikannya
·         Permasalah yang terjadi antara siswa dengan senior atau pun siswa dengan guru.
-          Konseling dijadikan pemecahan masalah untuk siswa yang mengalami masalah dengan siswa dengan senior maupun dengan gurunya.
·         Bullying sering dilakukan oleh senior ke junior dengan alasan yang berbagai macam diantaranya karna kurangnya kasih sayang dari orang tua maupun ingin mencari pengakuan hebat dari orang lain.
-          Dengan cara mengadakan acara yang mengikut sertakan senior dan junior dapat membuat hubungan yang akrab diantara mereka sehingga tidak akan terjadi peyiksaan terhadap senior ke junior. Dan juga menjalin kasih sayang di antara mereka untuk saling menjaga.
·         Pemilihan jurusan IPA dan IPS sering di tentukan pada kelas 1 untuk ke kelas 2.
-          Dalam pemilihan jurusan, psikolog sekolah juga berperan serta dalam mengarahkan siswa-siswanya untuk memilih jurusannya yang sesuai dengan diri masing-masing.
·         Menghadapi UN juga berupa masalah besar terakhir untuk siswa, sering juga menjadi momok yang menakutkan.
-          Memberi motivasi kepasa siswa agar tidak terbebani dan tidak menurun semangatnya.
·         Tawuran yang terjadi antar sekolah sering diterjadi karna hal-hal yang tidak penting dan masalah yang sudah menjadi turun menurun dari tiap angkatan di sekolah.
-          Dengan memberikan penyuluhan, memberi informasi, dan mengawasi tiap-tiap dalam pembelajaran juga dalam pergaulan di luar sekolah dapat menekan tingkat tauran ataupun hal-hal negatif lainnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar