Rabu, 12 Maret 2014


Psikologi Pendidikan dan Teknologi
        Sebelum mengetahui defenisi dari psikologi pendidikan ada baiknya kita mengetahui sejarahnya dahulu, bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20.
Dan ketiga  perintis tersebut ialah
  • William James
    Pentingnya mempelajari bagaimana berlangsungnya proses belajar dan mengajar dikelas guna meningkatkan mutu pendidikan. mengajar sedikit lebih tinggi dari pengetahuan supaya anak memiliki keinginan untuk mencari hal sulit yang dialaminya
  • Jhon Dewey
    Beliau mengatakan bahwa anak adalah pembelajar aktif ( active learner), anak-anak juga tidak hanya mendapaatkan pelajaran akademik saja tetapi juga harus diajarkan cara untuk berfikir dan beradaptasi dengan dunia diluar sekolahnya.
  • E.L ThorndikeMenanamkan keahlian penalaran anak adalah tugas yang paling penting disekolah. maksudnya disini supaya murid diajarkan bagaimana bersosialisasi dengan dunia luar dan menerapkan ilmu yang dipelajarinya di masyarakat.
       Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkuhuskan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.  Kita harus tahu dulu apa itu pengertian pangajaran dan pembelajaran. Pengajaran adalah proses pendidikan yang sebulumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang untuk mempermudah belajar, dan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pengajaran dan pembelajaran ini berkatian karena pengajaran merupakam suatu sistem atau kurikulum yang sudah disiapkan pemerintah untuk disampaikan langsung kepada peserta didik dan peserta didik melakukan suatu proses pembelajaran dan meresponnya,
      Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Disini akan dijelaskan bagaimana pengaplikasiannya dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi zaman sekarang sangat pesat, dan teknologi juga sudah diaplikasikan di sekolah dan di universitas, teknologi diaplikasikan di dalam bidang pendidikan yaitu dengan guru menggunakan latop untuk menyampaikan teori pelajaran dan tidak perlu lagi menuliskan pelajaran dipapan tulis dan membuang banyak waktu. Selain itu para pengajar juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan laptop supaya dapat menciptakan proses belajar yang menarik dan simpel di dalam ruangan. Dan dengan cara tersebut murid juga semakin terbiasa dengan laptop dalam membantu belajar dan bisa juga sebagai bekal dalam dunia pekerjaannya kelak yang sudah menggunakan sistem komputer yang canggih. 
      Kemajuan teknologi memang membantu banyak manusia namun ada pula sisi negatifnya bagi para manusia terutama para pelajar disekolah para murid menyalahkan gunakan kemajuan teknologi yaitu meluangkan lebih banyak waktunya untuk gadget nya masing-masing dan melupakan segala tugas mereka yang sudah wajib dikerjakan, disini juga dibutuhkan kerja sama antara guru dan orangtua supaya teknologi tidak disalah gunakan oleh para murid.dan supaya tercapainya proses pengajaran untuk meningkatka  mutu pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar