Psikologi
Pendidikan dan Teknologi
Sebelum mengetahui defenisi dari psikologi
pendidikan ada baiknya kita mengetahui sejarahnya dahulu, bidang psikologi
pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang psikologi sebelum awal abad
ke-20.
Dan ketiga perintis tersebut ialah
- William
James
Pentingnya mempelajari bagaimana berlangsungnya proses belajar dan mengajar dikelas guna meningkatkan mutu pendidikan. mengajar sedikit lebih tinggi dari pengetahuan supaya anak memiliki keinginan untuk mencari hal sulit yang dialaminya
- Jhon Dewey
Beliau mengatakan bahwa anak adalah pembelajar aktif ( active learner), anak-anak juga tidak hanya mendapaatkan pelajaran akademik saja tetapi juga harus diajarkan cara untuk berfikir dan beradaptasi dengan dunia diluar sekolahnya.
- E.L ThorndikeMenanamkan keahlian penalaran anak adalah tugas yang paling penting disekolah. maksudnya disini supaya murid diajarkan bagaimana bersosialisasi dengan dunia luar dan menerapkan ilmu yang dipelajarinya di masyarakat.
Psikologi
pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkuhuskan diri pada cara
memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Kita harus tahu dulu apa itu pengertian
pangajaran dan pembelajaran. Pengajaran adalah proses pendidikan yang
sebulumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang
untuk mempermudah belajar, dan pembelajaran adalah proses interaksi peserta
didik dengan pendidik sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pengajaran dan
pembelajaran ini berkatian karena pengajaran merupakam suatu sistem atau
kurikulum yang sudah disiapkan pemerintah untuk disampaikan langsung kepada
peserta didik dan peserta didik melakukan suatu proses pembelajaran dan
meresponnya,
Teknologi
adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi
kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Disini akan dijelaskan bagaimana pengaplikasiannya
dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi zaman sekarang sangat pesat, dan
teknologi juga sudah diaplikasikan di sekolah dan di universitas, teknologi
diaplikasikan di dalam bidang pendidikan yaitu dengan guru menggunakan latop
untuk menyampaikan teori pelajaran dan tidak perlu lagi menuliskan pelajaran dipapan
tulis dan membuang banyak waktu. Selain itu para pengajar juga harus mengetahui
bagaimana cara menggunakan laptop supaya dapat menciptakan proses belajar yang
menarik dan simpel di dalam ruangan. Dan dengan cara tersebut murid juga
semakin terbiasa dengan laptop dalam membantu belajar dan bisa juga sebagai
bekal dalam dunia pekerjaannya kelak yang sudah menggunakan sistem komputer
yang canggih.
Kemajuan teknologi memang membantu banyak manusia namun ada pula
sisi negatifnya bagi para manusia terutama para pelajar disekolah para murid
menyalahkan gunakan kemajuan teknologi yaitu meluangkan lebih banyak waktunya
untuk gadget nya masing-masing dan melupakan segala tugas mereka yang sudah
wajib dikerjakan, disini juga dibutuhkan kerja sama antara guru dan orangtua
supaya teknologi tidak disalah gunakan oleh para murid.dan supaya tercapainya proses pengajaran untuk meningkatka mutu pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar